Posted by : Unknown Wednesday 19 June 2013

Pangi
Berbicara tentang kuliner khas Manado memang tidak akan ada habisnya. Ibu kota Sulawesi Utara yang memiliki motto “manusia hidup untuk memanusiakan orang lain” ini, memang memiliki sejuta kenikmatan unik yang disajikan dalam masakan tradisionalnya. Salah satu makanan unik yang wajib Anda coba apabila berkunjung ke Manado adalah Pangi.

Pangi merupakan nama sayuran khas Manado. Yang membuat makanan ini unik adalah proses memasaknya. Bahan utama masakan ini adalah daun pangi. Daun ini diambil dari pohon buah kluwak yang biasanya digunakan sebagai bahan penyedap rasa oleh masyarakat Manado. Daun pangi yang telah dikumpulkan dirajang tipis-tipis dengan arah miring untuk kemudian diberikan bumbu-bumbu. Bumbu yang digunakan untuk menambah rasa pangi biasanya terdiri dari daun bawang, kemangi, biji pala, jahe, dan cabai hijau yang telah terlebih dahulu direbus setengah matang sebelum dihaluskan. Beberapa masyarakat terkadang menambahkan daging tawak (lemak) babi yang berguna untuk mempermudah pelembekkan daun pangi. Setelah seluruh bahan-bahan tercampur, maka seluruh bahan dimasukkan ke dalam buluh (batang bambu), yang kemudian ditaruh di dekat bara api.

Proses pembuatan sayur pangi yang unik ini juga menghasilkan rasa yang berbeda. Wangi batang bambu yang digunakan sebagai alat memasak dapat tercium dari harumnya sayur pangi. Proses pembuatannya pun tergolong menyehatkan karena tidak menggunakan minyak goreng, sehingga makanan ini rendah lemak dan kolesterol.

{ 2 comments... read them below or Comment }

Pengunjung Blog

Artikel Teratas

Powered by Blogger.

- Copyright © Kumpulan dan Keunggulan Handphone Smartphone -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -